KEINDAHAN BATIK BANYUWANGI

Batik adalah salah satu wariasan dunia yang telah diakui oleh UNESCO.

Hampir seluruh wilayah di indonesia memiliki corak dan motif tersendiri yang menjadi identitas dari setiap daerah tersebut.

Setiap daerah khususnya di Indonesia berlomba-lomba mengenalkan dan mempromosikan masing-masing batiknya dikancah nasional maupun internasional.

Hal itu dimaksudkan agar batik Indonesia dapat dikenal dan sekaligus dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Saat ini batik bukan merupakan kain kuno yang hanya cocok dipakai oleh kalangan tua saja.

Batik telah mengalami perkembangan jaman dan mengalami beberapa modifikasi,

sehingga batik sudah bertransformasi menjadi pakaian yang cocok dipakai oleh seluruh lapisanan masyarakat tanpa melihat berapapun umurnya.

Para desainer sekaragpun berlomba-lomba menciptakan sebuah karya dari batik yang ekslusif namun tidak meninggalkan unsur seninya dan keindahannya.
BACA JUGA: TIKET TRAVEL BANYUWANGI - SURABAYA
Batik merupakan hasil sebuah seni rupa yang diwujudakan dalam coretan dimedia kain.

Coretan-coretan yang dilakukan oleh pembatik merupakan sebuah ekspresi yang disaluran melalui media kain.

Sehingga sudah menjadi hal wajar jika motif batik antara daerah satu dengan daerah lainnya itu pasti berbeda-beda. Selain itu pembuatan batik juga dipengarui lingkungan tempat tingga.

Akan tetapi perbedaan tersebut justru dapat menjadikan batik memiliki kenekaragaman yang sangat kaya.

Hal tersebut pula yang terjadi di Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi yang wilayahnya berada disebelah timur Pulau Jawa memiliki keanekaragaman batik yang sangat kaya.

Memang pada dasarnya batik Banyuwangi memiliki motif yang menjadi ciri khas tersendiri. Sebagai contohnya motif gajah oling, kangkung setingkes, paras gempal, kopi pecah dll.

Motif-motif tersebut sampai saat ini masih menjadi identitas dari batik Banyuwangi.

Akan tetapi kreasi dan pengembangan dari para pembatik yang ada di Banyuwangi mengakibatkan batik Banyuwangi memiliki banyak keanekaragaman dan kekayaan motif.

 Kalau boleh saya katakan motif batik Banyuwangi yang telah dipadu dengan unsur-unsur kontenporer jumlahnya telah mencapai ratusan.


Banyaknya motif batik di Banyuwangi menandakan bahwa batik Banyuwangi sangat banyak peminatnya.

Sehingga para pengrajin batik berlomba-lomba menciptakan ciri khas mereka masing-masing demi menarik para penikmat dan pembeli batik.

Selain itu keanekargaman batik Banyuwangi juga mengindikasikan bahwa para pengrajin batik Banyuwangi sangat produktif dalam berkarya.

Hubungi Kami

RESERVASI SEKARANG

Call / Message / WhatsApp :
081-333-782-767