PENJELASAN TEKNIK PEMBUATAN BATIK BANYUWANGI

PENJELASAN TEKNIK PEMBUATAN BATIK BANYUWANGI
Pada saat ini keberadaan batik telah dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Batik telah bertransformasi dari pakaian yang terkenal kuno menjadi pakaian yang moderen dan disukai seluruh lapisan masyarakat. 

Perkembangan batik juga tidak sebatas hanya sebagai pakaian saja, melainkan batik juga difungsikan sebagai bahan dasar pembuatan jaket, topi, tas, bahkan sandal. 

Semua itu bertujuan untuk meningkatkan pembelian barang yang berbahan dasar kain batik.

Banyak diantara kita yang telah mengetahui tentang motif-motif batik, akan tetapi masih sangat sedikit disekitar kita yang mengetahui teknik pembuatan batik tersebut. 

Kebanyakan diantra kita hanya sekedar membeli batik itu tanpa harus mengetahui bagaimana teknik pembuatan batik tersebut. 
Baca Juga: TRAVEL BANYUWANGI - MALANG
Dengan kita mengetahui cara membuat batik maka kita akan lebih menghargai batik dan khususnya menghargai para pengrajinnya.

Pada dasarnya teknik pembuatan batik itu ada 3 macam, pertama teknik cap atau stamp, kedua teknik semi tulis dan yang ketiga teknik tulis. 

Ketiga teknik itulah yang digunakan oleh para pengrajin yang ada di Banyuwangi sejak zaman dahulu sampai sekarang.

  • Teknik Cap atau Stamp
Teknik cap merupakan teknik pembuatan batik dengan cara mencelupkan logam sebagai cetakan motif batik kedalam cairan warna,

dan kemudian cetakan logam tersebut ditekan kekain sampai tercipta motif yang diinginkan. Setelah proses cap selesai proses selanjutnya adalah proses pewarnaan dasar kain batik.

Setelah diwarnai kain batik tersebut dijemur sampai kering. Kebanyakan bati cap hanya memiliki 2 warna saja
Teknik ini pada dasarnya hampir sama dengan teknik cap. Akan tetapi pada teknik ini ada tambahan dalam pewarnaan pada motif-motif tertentu.

Pewarnaan pada motif tertentu masih membutuhkan canting sebagai alat pewarnanya. Sehingga batik semi tulis ini akan memiliki warna batik yang lebih bermacam-macam daripada batik cap.

  • Teknik Tulis
Teknik batik tulis, teknik ini diawali dengan membuat sket pada kain sesuai dengan motif yang diinginkan. 

Kemudian garis sket tersebut dipertegas menggunakan canting dan pewarnaannya menggunakan malam yang dicairkan dengan cara dipanaskan. 

Setelah selesai kemudian motif-motif tersebut diwarnai sesuai dengan keinginan. 

Untuk warna dasarnya batik tulis ini direndam pada pewarna yang telah dicairkan dan direbus berulang-ulang sampai warnanya merata.

Diatas tadi merupakan penjelasan secara singkat mengenai teknik cara pembuatan batik yang ada di Kabupaten Banyuwangi. 

Semoga dengan penjelasan saya yang singkat ini dapat memberikan wawasan baru kepada pembaca sekalian. 

Sebagai penulis saya memohon maaf jika ada salah informasi mengenai teknik pembuatan batik diatas, hal tersebut dikarenakan keterbatasan pengetahuan penulis mengenai cara membuat batik. 

Hubungi Kami

RESERVASI SEKARANG

Call / Message / WhatsApp :
081-333-782-767