PERAN PEMERINTAHAN KABUPATEN BANYUWANGI DALAM MEMPROMOSIKAN BATIK BANYUWANGI

PERAN PEMERINTAHAN KABUPATEN BANYUWANGI DALAM MEMPROMOSIKAN BATIK BANYUWANGI
Batik merupakan salah satu warisan Nusantra yang wajib kita jaga kelestariannya. 

Selain itu batik juga menjadi sebuah kebanggaan yang wajib kita turun-temurunkan ke anak cucu kita. 

Selain masyarakat peran pemerintah juga sangat diperlukan dalam menjaga kelangsungan batik nusantara ini. 

Jika kedua elemen antara pemerintah dengan masyarakat saling bersinergi dengan baik maka kelanggengan batik nusantara ini dapat dijaga samapai anak cucu kita kelak nanti.

Salah satu daerah yang memiliki warisan nusantra berupa kain batik adalah Kabupaten Banyuwangi. 

Banyuwangi merupakan wilayah yang berada disebelah timur pulau jawa. Banyuwangi dari tahun- ketahun mengalami perkembangan. 

Perkembangan tersebut dalam sektor pariwisatanya maupun industri batiknya. Hal itu tidak lepas dari kerja keras Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Dalam rangka ikut melestarikan keberadaan batik dalam hal ini Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi tidak hanya tinggal diam. 
Baca juga: KABUPATEN BANYUWANGI KOTA BATIK GAJAH OLING
Banyak terobosan-terobosan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mempromosikan batik banyuwangi kekancah nasional maupun internasional. 

Dengan harapan Batik Banyuwangi dapat dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat.

Salah satu terbosan yang dilakukan oleh Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi yaitu mewajibkan seluruh apapratur Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi, 

untuk memakai batik khas Banyuwangi pada hari-hari yang telah ditentukan. 

Batik tersebut harus dikenakan oleh aparatur pemerintahan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. 

Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi memulai mensosialisasikan pemakaian batik dari institusi mereka sendiri sebelum hal itu dilakukan kepada masyarakat banyuwangi.

Selain intansi pemerintahan, Pemerintahan Kabupaten Banyuwnagi juga menginstruksikan kepada lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Banyuwangi untuk mewajibkan siswa-siswinya memakai seragam batik. 

Peraturan ini diserahlan penuh kepada pihak sekolah untuk menentukan kapan hari pemakain batiknya dan apa jenis batiknya. 

Hal ini sangat berdampak positif bagi keberlangsungan batik banyuwangi. 

Pemerintah mencoba menanamkan rasa mencintai dan memiliki batik Banyuwangi kepada siswa-siwsi sejak dibagku sekolah.

Dalam rangka mempromosikan batik Banyuwangi pemerintahan juga sering mengadakan event-event bertaraf nasional maupun internasional. 
Baca Juga: TRAVEL BANYUWANGI - SURABAYA
Salah satu evet batik yang bertaraf Nasional adalah Banyuwangi Batik Festival (BBF). 

Event ini merupakan sebuah event perlomabaan batik banyuwangi yang bertemakan fasion show.  

Dalam ajang ini para desainer lokal maupun nasional berkolaborasi dengan industri-industri batik di Banyuwangi untuk menampilkan hasil karyanya diajang BBF. 

Didalam ajang BBF ini pemerintah mengajak wisatawaan manca negara untuk mencoba memakai Batik Banyuwangi dan belenggak lenggok di catwalk.

Selain itu untuk lebih meningkatkan antusias masyarakat di ajang BBF, Banyuwnagi tidak segan-segan untuk mendatangkan Menteri Pariwisata dan Putri Indonesia. 

Dan selain itu untuk memeriahkan puncak acara BBF Pemkab Banyuwangi mendatangkan artis-artis ibukota untuk menghibur para pengunjung yang datang. 

Hal ini semua dilakukan hanya untuk mempromosikan Batik Banyuwangi kekancah nasional terlebih lagi kekancah internasional. 

Menurut Bupati Banyuwnagi Abdullah Azwar Anas keberadaan industri batik di lima tahun belakangan ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. 

Selain itu pariwisata Kabupaten Banyuwangi juga menjadi salah satu faktor wisatawan datang ke Banyuwangi dan mencari oleh-oleh berupa kain batik khas banyuwangi.

Hubungi Kami

RESERVASI SEKARANG

Call / Message / WhatsApp :
081-333-782-767