BUDAYA MEMAKAI BATIK DI INDONESIA


 BUDAYA MEMAKAI BATIK DI INDONESIAIndonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan yang sangat banyak. Wilayah indonesia terdiri dari beberapa pulau besar yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. 

Wilayah Indonesia yang terpisahkan oleh pulau dan lautan menjadikan Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, suku, ras dan agama. Keanekaragaman yang dimiliki Indonesia ini merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya.

Budaya merupakan salah satu warisan nusantara yang tidak ternilai harganya. Hampir disetiap wilayah yang ada di Indonesia memiliki keanekaragaman budayanya masing-masing. Kebudayaan yang dimiliki ditiap wilayah Indonesia ini sangat dipengarui oleh keberadaan kebiasaan masyarakat dan lingkungan tempat tinggal mereka.
Pada dasarya kebudayaan tidak tercipta dalam kurun waktu yang singkat. Rata-rata kebudayaan yang telah ada di Indonesia ini merupakan hasil turun-temurun dari para leluhur. Karena budaya tercipta dari kebiasaan seseorang atau kelompok masyarakat yang dilakukan secara terus-menerus dan kemudian menjadi sebuah keharusan atau kewajiban bagi masyarakat tersebut.

Salah satu budaya yang dimilki oleh Bangsa Indonesia adalah budaya memakai batik. Batik merupakan hasil karya seni tulis yang dituangkan dalam bentuk kain. Batik merupakan kain khas milik orang jawa. Disetiap wilayah indonesia memiliki kain khasnya masing-masing. Penamaan kain khas ditiap daerah yang ada di Indonesia juga berbeda beda. Jika kita mengenal batik khas orang jawa, maka daerah lain memiliki songket, tenun dan kain khas lainnya.

Batik merupakan kain khas Indonesia yang keberadaanya telah diakui oleh UNESCO. Batik telah menjadi kain khas Indonesia yang menjadi warisan nusantara. Karena hal tersebut sudah menjadi hal wajib jika kita sebagai warga negara Indonesia yang baik ikut andil dalam rangka melestarikan budaya memakai batik.
Baca juga: TRAVEL MURAH BANYUWANGI DENPASAR (PP)
Jenis batik di Indonesia memiliki jumlah dan keanekaragaman yang sangat banyak. Hampir disetiap wilayah pulau jawa memiliki kain batik khasnya sendiri-sendiri. Hal ini menjadikan batik Indonesia memiliki motif yang sangat beranekaragam. Tiap wilayah kabupaten di Jawa memiliki kain batik khasnya sendiri-sendiri. Hal ini menunjukan bahwa eksistensi kain batik di Indonesia masih sangat tinggi.

Keberadaan batik di Indonesia tidak bisa lepas dari pola hidup masyarakat indonesia. Batik telah menjelma menajadi sebuah budaya orang Indonesia. Diberbagai waktu dan kesempatan orang Indonesia selalu berusaha mengenakan batik. Karena batik sekarang dapat dikenakan dalam situasi formal maupun non formal.

Budaya memakai batik juga terdapat dikabupaten Banyuwangi. Wilayah yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini juga memiliki batik khasnya yang telah terkenala seantero Nusantara. Salah satu motif batik Banyuwangi yang terkenal adalah motif batik gajah oling. Diwilayah Banyuwangi kebiasaan memakai batik telah ditanamkan sejak msih duduk dibangku sekolah. Selain itu Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga sangat peduli tentang keberadaan batik Banyuwangi. 

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sangat gencar melakukan promosi batik Banyuwangi. Promosi yang dilakukan dengan  cara sering mengadakan event-event bertaraf lokal maupun Nasional. Hal tersebut dilakukan hanya semata-mata ingin lebih mengenalkan batik Banyuwangi kebapada masyarakat umum dan menjaga kelesarian batik Banyuwangi.

Hubungi Kami

RESERVASI SEKARANG

Call / Message / WhatsApp :
081-333-782-767