PERBEDAAN BATIK MODEREN DENGAN BATIK KLASIK BANYUWANGI

PERBEDAAN BATIK MODEREN DENGAN BATIK KLASIK BANYUWANGI
Batik merupakan salah satu warisan nusantara yang wajib kita jaga kelestariannya. Dengan melestarikan batik Indonesia berarti kita juga telah menghargai karya para leluhur kita. Melestarikan batik tidak hanya dengan memiliki dan mengenakan batik saja akan tetapi melestarikan batik juga bisa dilakukan dengan cara mengetahui bagaimana cara pembuatannya dan apa saja motif-motif batik yang ada.

Kita telah mengetahui jika batik berasal dari pulau jawa. Batik pertama kali ditemukan dan diciptakan oleh orang jawa. Pada zaman dahulu orang jawa mayoritas bekerja sebagai petani. Setelah selesai bercocok tanam mereka terkadang mengisi waktu senggangnya sambil membatik. Sehingga banyak kita ketahui jika motif batik banyak terisnpirasi dari alam. Selain alam batik juga banyak terispirasi dari budaya dan kesenian orang jawa.

Kabupaten Banyuwangi merupakan wilayah yang terletak dipulau Jawa. Sudah menjadi hal pasti jika Kabupaten Banyuwangi memiliki batik sebagai kain khas daerahnya. Seperti daerah-daerah lainnya batik Banyuwangi juga memiliki motif-motif khas yang menajadi kebanggaan. Motif-motif batik Banyuwangi juga banyak terispirasi dari alam dan budaya lokal Banyuwangi.
Baca Juga: TIKET TRAVEL BANYUWANGI - SURABAYA (PP)
Salah satu motif batik Banyuwangi yang menjadi ciri khas batik banyuwangi adalah motif gajah oling. Selain gajah oling batik Banyuwangi juga memiliki banyak motif lainnya. Seperti, kangkung setingkes, beras kutah, kopi pecah, dll. Hampir sekitar 30 motif batik khas yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi. Selain motif-motif klasik, perkembangan batik Banyuwangi juga dipengarui oleh perkembangan zaman.

Perkembangan zaman telah mengakibatkan lahirnya berbagai macam motif-motif batik moderen. Batik moderen cenderung memiliki motif yang simpel dari pada batik klasik. Selain itu batik moderen juga memiliki warna-warna yang cerah seperti merah, kuning dan hijau.

Lahirnya berbagai macam batik moderen membuat batik Banyuwangi lebih kaya dan berfareatif. Akan tetapi kehadiran batik moderen ini tidak lantas mengkikis keberadaan batik kalasik. Jika batik moderen memiliki warna yang cerah akan tetapi batik klasik cenderung memiiliki warna yang lebih gelap.

Batik klasik juga didominasi dengan warna coklat dan hitam. Motif yang dimiliki oleh batik klasik juga syarat akan makna dan filosofi. Sedangkan motif batik moderen hanya lebih mengedepankan keindahannya saja.

Hubungi Kami

RESERVASI SEKARANG

Call / Message / WhatsApp :
081-333-782-767