4 KELEBIHAN TRAVEL ANTAR KOTA DIBANDING TRANSPORTASI UMUM LAINNYA


4 KELEBIHAN TRAVEL ANTAR KOTA DIBANDING TRANSPORTASI UMUM LAINNYA
Keberadaan transportasi antar kota telah menjamur dimana-mana. Permintaan akan jasa transportasi yang tinggi dimanfaatkan penuh oleh para pelaku usaha dalam menyediakan moda transportasi. Para pengusaha jasa transportasi melakukan ekspasi besar-besaran dalam mengembangkan usahanya. Hal ini bisa berdapampak positif terhadap penumpang. Dikarenakan penumpang dapat memilih moda transportasi yang pas sesuai dengan selera mereka.

Moda transportasi sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu transportasi darat, udara dan laut. Namun dari ketiga jenis transportasi tersebut, transportasi daratlah yang paling banyak digunakan oleh masyarak. Baik masyarakat pedesaan maupun masyarakat perkotaan lebih sering menggunakan moda transportasi darat.

Sebagai penumpang yang bijak sudah menjadi hal yang wajib jika kita harus selektif dalam menentukan moda transportasi yang akan digunakan. Setiap orang pasti menginginkan moda transportasi yang praktis, nyaman, aman dan murah. Namun dari keempat elemen tersebut hanya beberapa moda transportasi saja yang mampu menyediakan.

Seperti pada judul artikel ini saya akan jelaskan tentang kelebihan-kelebiahan travel antar kota dibandingkan dengan transportasi umum lainnya. Untuk lebih mudah dipahami oleh pembaca saya akan mencoba membahas kelebihan kelebihan moda transportasi tersebut jika dikaitan dengan keempat unsur wajib dalam transportasi yaitu praktis, nyaman, aman dan murah.

  • PRAKTIS

Transportasi UMUM
Dalam unsur prakatis tidak semua transportasi umum memilikinya. Hanya beberapa saja yang telah memenui syarat praktis tersebut. Dalam pemesanan tiket hanya transportasi yang disediakan pemerintah yang telah memenui kriteria praktis. Hal itu antara lain, Kereta Api, Pesawat dan Kapal Laut. Namun untuk kapal laut hanya beberapa saja yang telah menerapkan sistem booking dalam pemesanan tiketnya.
Setelah penumpang membeli tiket yang telah dipesannya, penumpang harus menuju kelokasi pemberangkatan sesuai dengan moda transportasi yang dipilih. Termpat pemberangkatan tersebut antara lain, terminal Bus, Stasiun, Pelabuhan dan Bandara.

Setiba dikota tujuan, penumang akan diturunkan ditempat pemberhentian moda transportasi tersebut. sebagai contoh Bus umum berhenti diterminal kota. Akan tetapi kebanyakan terminal kota letaknya sangat jauh dari pusat kota. Sehingga kita harus menggunakan kendaraan tambahan lain untuk menuju kealamat tujuan kita.

Travel Antar Kota
Unsur paraktis telah terbukti pada cara pemesanan atau booking travel. Pemesanan atau booking kursi travel sangatlah mudah. Penumpang bisa memesan travel hanya dengan menggunakan HP. Selain itu penumpang bisa memilih kursi mana yang akan ditempati, selama kursi tersebut belum dipesan oleh orang lain.

Selain mudah dalam pemesanan tiket travel, penumpang tidak perlu direpotkan untuk menunggu armada travel ditempat tertentu. Karena penumpang akan dijemput oleh travel dialamat rumah masing-masing. Sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk menuju kelokasi pemberangkatan.

Selain itu dengan menggunakan jasa travel antar kota penumpang akan dijemput dan kemudian diantarkan oleh driver hingga sampai didepan rumah tujuan penumpang. Penumpang tidak perlu repot-repot kembali mengerluarkan uang untuk kendaraan tambahan.

  • NYAMAN

Transportasi UMUM
Dari unsur kenyamanan tidak semua moda transportasi umum memenui kriteria ini. Namun memang ada beberapa peremajaan dan perubahaan pelayanaan terhadap moda transportasi umum. Moda transportasi tersebut antara lain Kereta Api dan Pesawat terbang. Untuk kedua moda transportasi tersebut memang telah terbukti banyak perubahan. Namun untuk bus umum masih banyak kekurangan. Terutama bus umum yang memiliki kelasdan tarif ekonomi.

Travel Antar Kota
Sebagai moda transportasi yang kekinian Travel antar kota selalu mengedepankan fasilitas kenyamanan. Travel selalu memiliki interior dan kursi yang bagus. Dan fasilitas tersebut masil dilengkapi dengan AC yang dapat menyejukan ruangan kabin.

  • AMAN

Transportasi UMUM
Untuk faktor keamanan bukan menjadi rahasia umum lagi. Karena beberapa moda transportasi umum memiliki tingkat keamanan yang rendah. Banyak telah terjadi tindakan kriminal saat menggunakan jasa transportasi umum. Moda transportasi yang sering terjadi tindakan kriminal antara lain Bus Umum dan Kapal laut.

Travel Antar Kota
Dalam faktor kriminal memang sangat minim sekali terjadi didalam Travel antar kota. Hal ini dikarenakan hanya penumpanglah yang boleh masuk dalam kendaraan. Selain itu travel juga tidak berhenti disembarang tempat, terutama ditempat-tempat yang rawan terjadi tindak kriminal.  

  • MURAH

Transportasi UMUM
Dalam transportasi umum memang rata-rata memiliki harga yang murah terkecuali pesawat terbang. Murahnya biaya transportasi umum dikarenakan mendapat subsidi dari pemerintah.

Travel Antar Kota
Tidak dipungkiri lagi jika travel antar kota memiliki harga tiket yang lebih mahal dibandingkan transportasi umum lainnya. Namun hal tersebut sepadan dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak travel. Travel memberikan fasilitas antar jemput penumpang yang tidak dimiliki moda transportasi lainnya. Selain itu travel juga memiliki layanan tambahan yang berupa makan dan snack gratis. Jika diakumulasikan dengan Transportasi Umum khususnya Bus, maka biaya travel ini sangat berimbang.

Semoga penjelasan saya yang singkat ini dapat memberikan gambaran secara umum kelebihan Travel antar kota dibandingkan dengan transportasi umum lainnya. Jika anda membutuhkan moda transportasi yang memenui 4 kriteria wajib transportasi seperti diatas maka MITRA TRAVEL siap melayani anda.  

Hubungi Kami

RESERVASI SEKARANG

Call / Message / WhatsApp :
081-333-782-767